Pantau Posisi Keyword SEO Dengan Google Monitor

Memantau posisi keyword dengan Google Monitor adalah sebuah cara untuk memudahkan optimasi sebuah artikel. Ane sudah sering memakai software ini terutama saat mencari posting yang baru dipublish di SERp Google. Software ini juga sangat cocok digunakan pada event kontes SEO karena dengan software Google Monitor, agan dapat memantau beberapa posisi keywords kontes SEO yang diikuti.


Ane merasa cukup terbantu dalam kontes seo dengan adanya software Google Monitor karena dapat mengetahui posisi SERP dengan cepat dan lebih tepat. Kontes seo Menjadi blogger yang bahagia atau Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online terasa lebih mudah dalam optimasi. Sebelum memakai software Google Monitor ini, Agan harus mendownload programnya di CleverStat.com. Kemudian instal program tersebut di PC Agan.

Untuk langkah pemakaianya sebagai berikut:

Setelah program Google Monitor terinstall di PC, jalankan program tersebut. (Pastikan komputer Agan terkoneksi dengan Internet)

Setelah program berjalan, pada box Site URL isi dengan nama website / blog Agan. Sebagai contoh : seopintar.blogspot.com, Apabila Agan ingin menambahkan website / blog yang lainnya, silahkan klik tombol Add URL atau [+]. Kemudian klik OK.

memantau posisi keyword seo dengan google monitor

Kemudian masukan keyword yang ingin Agan pantau posisinya. Sebagai contoh ane memasukan keyword Menjadi blogger yang bahagia. Jika ingin menambahkan keyword yang lain klik Add kemudian klik OK.

memantau posisi keyword seo dengan google monitor
# Setelah itu klik Options > Preferences untuk menentukan jumlah pencarian dan pilihan negara (Indonesia untuk google.co.id atau USA untuk google.com).

memantau posisi keyword seo dengan google monitor# Kemudian klik Search dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

memantau posisi keyword seo dengan google monitor
Setelah proses pencarian selesai, maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.

memantau posisi keyword seo dengan google monitorPenjelasan: Pada gambar diatas dapat kita ketahui bahwa posting blog ane yang beralamat http://seopintar.blogspot.com/2010/08/menjadi-blogger-yang-bahagia.html menempati urutan kelima di Google SERP untuk keyword "Menjadi blogger yang bahagia"

Sangat mudah bukan cara menggunakan Google Monitor. Oh ya, sebagai catatan. Tools ini hanya bekerja pada hasil pencarian search engine Google dan tidak berlaku pada search engine lain seperti Yahoo, Bing, MSN atau Altavista.

Ya sekian sedikit sharing tentang cara memantau posisi keyword dengan Google monitor. Semoga sedikit tips ini dapat membantu agan dalam optimasi seo blog yang agan miliki. Bila ada pertanyaan atau masih bingung, silahkan ditanyakan lewat komentar dibawah.


NB: jika tampilan gambar kurang jelas, silahkan klik kanan lalu viev image pada browser agan untuk memperbesar.