Khasiat Daun Sirsak

Khasiat daun sirsak sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Berbagai ramuan dengan bahan dasar maupun campuran daun sirsak sudah banyak ditemukan termasuk ramuan legendaris dari suku yang mendiami hutan Amazon di Amerika Selatan. Pada tahun 90an sebuah expedisi menemukan ramuan yang dibuat secara tradisional oleh suku di Amazon dapat membunuh sel kanker tanpa mematikan sel-sel lain yang juga tumbuh. Ternyata setelah diteliti ramuan tersebut menggunakan daun sirsak sebagai campurannya. Namun yang disayangkan adalah sikap para penemu tersebut yang cenderung menutupinya agar kelangsungan bisnis kemo terapi tetap berjalan. Seperti yang kita tahu bahwa kemo terapi menjadi metode pengobatan kangker yang cukup populer meskipun menimbulkan rasa sakit yang luar biasa serta berbagai macam efek samping.


Pohon sirsak juga banyak dijumpai dilingkungans ekitar tempat tinggal kita dengan tinggi bervareasi. Pohon ini tumbuh subur di daerah beriklam tropis mupun subtropis dengan ketinggian 100 m diatas permukaan laut. Dipasaran harganya juga jauh lebih murah dari buah-buah yang lebih beken seperti apel, anggur maupun jeruk. Daging buah ini cukup tebal dan hanya memiliki biji sebesar biji semangka namun banyak sekali.

Untuk membuat ramuan dari daun sirsak, caranya juga sangat sederhana dan mudah. Ambil 10 lembar daun sirsak yang sudah tua (berwarna hijau gelap) kemudian rebus dengan 5 gelas air putih. Rebus terus hingga volume air tingga 3 gelas. Minum sehari 1-2 gelas. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh mereka terasa hangat setelah meminum air rebusan daun sirsak. Hal itu memang benar karena kandungan zat yang terdapat didalamnya. Sekian dan semoga bermanfaat.