Percepat Index Artikel Dengan DIGG.com

Digg.com, siapa yang tidak kenal dengan situs online bookmarking terbesar di dunia ini. Bisa dikatakan Digg.com adalah empunya social bookmak online karena cara kerja situs ini mempu mengilhami munculnya berbagai situs bookmark lainya seperti delicious, reddit atau micro bookmark yang berbasis Pligg, PHPbb atau Drigg. Saya yakin semua orang yang setiap hari mengoprek atau berkecimpung didunia internet pasti tahu tentand Digg. Penggunaannya juga sangat mudah karena kita hanya butuh login kemudian mencari url/link favorit untuk disubmit disana. Dan itu semua gratis alias tidak ditarik uang sepeserpun.


Lalu apa manfaat submit artikel ke Digg? Jelas yang pertama adalah kemungkinan mendapatkan traffic yang melimpah jika artikel yang kita submit disukai oleh member Digg lain yang mencapai jutaan pengunjung.Kita juga bisa melihat Alexa rank Digg yang berada dikisaran 193 dan ini berarti Digg adalah kumpulan visitor yang siap membanjiri blog kita. Namun kita bukan bukan traffic tujua kita sekarang. Kenapa? Karena lumayan sulit untuk menjadi top artikel yang muncul di halaman depan Digg. Portal news besar seperti CNN, NBC atau NY Times adalah saingan utama karena mereka kerap mensubmit artikel yang menjadi top news.

Yang akan kita raih disini adalah index search engine. Menggunakan Digg sebagai jembatan untuk mengindex artikel atau backlink menurut saya adalah cara paling cepat dan memiliki resiko lebih kecil karena terlihat lebih natural dibandingkan PING. Saya lebih sering menggunakan Digg untuk mengindex backlink yang saya tanam untuk mengoptimasi blog utama. Dan benar saja, tak sampai 30 menit backlink tersebut sudah di index oleh Google setelah saya submit di Digg sebelumnya. Caranya juga sederhana, cukup paste alamat backlink ke form submit seperti biasa and done. Ya semudah itu.