Kekurangan Blogspot Dalam Optimasi SEO dan Solusi Yang Tepat

Blogspot mempunyai kelemahan dalam optimasi SEO. Banyak master SEO yang menganggap blogspot mempunyai masalah besar dalam hal optimasi SEO. Ada pula orang yang mengatakan bahwa Blogspot sulit untuk bersaing di posisi SERP search Engine. Memang benar blogspot mempunyai masalah dalam optimasi SEO, namun tidak benar bahwa engine blogspot sulit bersaing memperebutkan posisi di Search Engine. memang bukan hanya dalam hal SEO saja, ada banyak kekurangan yang dimiliki blogspot, coba agan baca pada

Oke, langsung yuk kita bahas bareng-bareng apa saja kekeurangan engine blogspot dalam optimasi SEO.Simak dunk, jangan kelewatan sedikitpun, OK?

1. Template
Ini bisa dikatakan menjadi kekeurangan utama engine Blogspot dalam optimasi SEO. Dari segi tampilan, template Blogspot memang oke. Beraneka warna dan di design oleh para pakar skin face. Namun klo dicermati, kadang template blogspot banyak erornya. Banyak template yang dibuat tidak mematuhi kaedah valid. Sehingga pada akhirnya terdapat error baik pada format XHTML maupun CSS Coding Style-nya. Namun yang menjadi pertanyaan, template yang ane pakai untuk blog yang laen misal Myokezone.blogspot.com juga banyak error dan tidak valid, anehnya ada beberapa posting yang menembus halaman satu pada SERP Google. Coba cek saja klo gak percaya. Mungkinkah valid hanya mempunyai peranan kecil dalam SEO Blogspot? Untuk mengecek apakah template yang agan gunakan sudah valid atau belum gunakan tool dari W3C Validator.

Solusi:
Gunakan template blogspot valid XHTML maupun CSS. Agan dapat mencoba template dari sobat choen(deconstructioncode.blogspot.com). Tampilanya emang simple, tapi sudah valid pada XHTML nya. Klo mo nyoba silahkan download disini dan baca manulanya di blog sobat Cheon.


2. Gadget Bawaan Blogspot
Blogspot menyediakan segudang widget penuh manfaat yang menunjang para penggunanya. Namun dibalik itu semua widget yang disediakan Blogspot juga menyimpan segudang error. Contoh kecil, widget "Quick Edit Post" (quick edit post blogspot) ataupun widget "Quick Edit Widget" (quick edit widget blogspot) yang sangat bermanfaat juga mempunyai jumlah error yang tidak sedikit meskipun sangat bermanfaat. Blogger Navebar yang notabene wajib dipasang pada setiap blog (menurut T.O.S)juga menjadi sumber error. Masih banyak widget lain yang menyimpan error, seperti Arsip yang dapat menyebabkan duplicate link/ spam.

Solusi:
Gunakan sebijaksana mungkin gadget yang disediakan. Gunakan widget yang memang diperlukan dan layak untuk ditampilkan. Untuk widget dariluar (seperti counter, ads, dll) usahakan pasang di template bukan di widget "HTML/Java Scripts".


3. Alamat Link Pada Posting Terbatas
Ini juga berpengaruh besar terhadap nilai SEO Blogspot di mata search engine. Coba perhatikan alamat url dari posting ini. http://seopintar.blogspot.com/2010/06/kekurangan-blogsopt-dalam-seo.html dan judulnya Kekurangan Blogsopt Dalam Optimasi SEO dan Solusi Yang Tepat. Kata "dan Solusin Yang Tepat" tidak masuk dalam alamat url sehingga mengurangi banyaknya keywords yang di targetkan. Jika hendak merujuk ke kaedah yang tepat maka url harusnya menjadi demikian http://seopintar.blogspot.com/2010/06/kekurangan-blogsopt-dalam-seo-dan-solusinya.html ,sehingga sesuai dan selaras dengan judul posting. Kita ambil kesimpulan bahwa, tidak seluruh judul postingan akan menjadi alamat url artikel blog kita. Melainkan akan terpangkas sampai 6 kata saja. Efeknya jelas, target keyword posting kita akan berkurang dan berdampak pada hasil result pada SERP.

Solusi :
Ketika akan memposting artikel, cobalah untuk menggunakan judul berupa garis besar/kesimpulan/kata utama dari isi postingan hingga maksimal 6 kata saja . Lanjut, setelah artikel di publish, segera edit judul seperti yang lengkap yang kita inginkan. Contoh alamat url posting ini http://seopintar.blogspot.com/2010/06/kekurangan-blogsopt-dalam-seo.html, setelah artikel ini ane post, kemudian ane ganti judulnya menjadi Kekurangan Blogsopt Dalam Optimasi SEO dan Solusi Yang Tepat.



4. Format Link Pada Category/Labels
http://seopintar.blogspot.com/search/label/Belajar%20SEO Pada dasarnya mesin blogspot tidak memiliki kategori yang sesungguhnya. Sebagian besar blogger memanfaat fitur "label" sebagai kategori mereka.

Ane coba analisis pada robots.txt-nya blogspot dan mendapati bahwa setiap alamat url yang mengadung "/search" tidak akan di follow oleh robot google dan mengakibatkan alamat tersebut tidak di index oleh google. Alamat url label blogspot (cth: http://seopintar.blogspot.com/search/label/Belajar%20SEO) juga mengandung "/search". Ini artinya label blogger tidak akan di index google dan sebuah link menuju label blogspot tidak akan dianggab sebagai backlink.

Solusi : Gunakan tag "nofollow" pada setiap link menuju label, baik pada posting maupun pada sidebar. Ingat ! memberikan backlink menuju sebuah alamat url label pada blogspot adalah hal yang sia-sia.


5. CSS Bawaan Blogspot (Inject)

Masalah validasi CSS ini agak sulit karena CSS bawaan blogger (injek) tidak dapat kita edit pada fasilitas "Edit HTML", so pasti ada error pada tiap template Blogspot. Template Valid butan sobat Cheon seperti yang ane jelaskan di atas juga ada errornya sekitar 33.

Solusi:
Seperti pada masalah validasi diatas, Gunakan template yang valid buatan sobat Cheon diatas. meskipun ada error juga pada CSS, tapi lumayan jumlahnya lebih dikit dari kebanyakan template Blogger.


Mungkin cuman itu aje yang dapet ane jelaskan. Sebenarnya masih buanya Masalah SEO Pada Engine Blogspot, dan klo di jelas in satu-satu gak akan muat deh pastinya. baca terus ya panduan optimasi seo dari pemula yang sok keren ini (huhf...lebay).