Mencari Backlink Berkualitas Dengan Google Search

Mencari Backlink Berkualitas Dengan Search Engine emang cara paling mudah. Backlink berkualitas selalu diburu para penggila SEO macam ane. Banyak cara yang ditempuh buat ngejar primadona ini, spaming, komentar, atau link exchange juga sudah lumrah.Oke gan, ane mau bagi-bagi trik buat mencari backlink berkualitas dengan bantuan search engine. Mesin pencari yang ane prioritaskan ya om Google. Karena selain paling komplek, om Google juga sering dijadi'in juri buat kontes SEO yang gi marak belakangan ini. Dan diharapkan dengan bantuan om Google, kita bisa dapet backlink yang manjur buat dongkrak posisi di SERP.

Langsung gan kita kupas habis nih trik.

Langkah pertama yang perlu agan lakukan adalah memilih kata kunci yang sesuai dengan tema blog/postingan yang ingin di optimasi. Misal:
SeoPintar.blogspot.com membahas tentang seo, jadi kata kunci yang ane pilih juga seputar seo seperti: "cara optimasi seo", "optimasi seo blogspot" dll (sampai sini kayaknya ngerti deh...qqq)

Cari di Google dengan kata kunci yang sudah agan pilih tadi. Contoh: "optimasi seo blogspot". Oke, kemudian muncul buanyak postingan pada SERP Google dengan keyword yang agan ketikan tadi.

Ini adalah triknya, harap disimak. Pada result pencarian Google dengan keyword yang agan pakai, akan muncul banyak posting yang bertema satu jenis sesuai dengan keyword diatas.(contoh: topik tentang optimasi SEO). Halaman posting yang muncul di halaman awal hasil pencarian Google tentu sangat kuat dalam SERP. Posting seperti ini yang menjadi target karena berpotensi menghasilkan backlink berkualitas. Selanjutnya buka satu persatu posting tersebut lalu berkomentar dan tanam backlink disana. Ingat jangan nyepam, biar backlink jadi sempurna...he.he


Mengapa demikian?
Awalnya ane juga cukup kesulitan menapsirkanya, tapi pada satu waktu ane menemukan jawabanya. Ternyata Google memberikan nilai lebih terhadap backlink dari halaman/page yang mempunyai SERP kuat pada search engine. Kenyataan ini ane dapet dari Web Master Tool di akun Google. Disana ada tool "Link To Your Site" untuk melihat banyaknya backlink yang masuk ke blog kita, baik ke halaman home ataupun sub pages. Dan yang terdeteksi pertama kali oleh tool ini adalah backlink dari halaman/page yang sudah bagus dalam SERP. Ini menunjukan bahwa Backlink dari halaman dengan SERP oke lebih mudah di deteksi. Silahkan di lihat jika tidak percaya.

Kekurangan:
Nah ini yang menjadi masalah jika makek nih trik. Halaman yang muncul di posisi awal SERP tentu mempunyai banyak pengunjung dan otomatis banyak pula komentar disana. Banyaknya komentar memungkinkan banyak pula backlink yang ditinggalkan penulis komentar dan hal ini juga mengakibatkan linkout lebih besar sehingga kualitas link yang mengarah ke blog kita berkurang. Selain itu, halaman/page yang mempunyai SERP bagus biasanya NOFOLLOW, tapi ada juga yang DOFOLLOW. Yah untuk yang ini pinter-pinter milih aja gan..wkwkwk.Tapi baik dofollow maupun nofollow tetap dihitung backlink.

Nah itu dikit penjelasan ane tentang Mencari Backlink Berkualitas Dengan Search Engine, jika agan tidak setuju atau punya pendapat lain tentang topik ini silahkan kasih saran ama komentarnya dibawah. Masih banyak cara ampuh buat nyari backlink, kreasikan terus caramu dan jangan lupa untuk share.