Mobil Presiden Iran, Ahmadinejad Dihargai 1 Juta Dollar


TEHEREAN - Mobil milik Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad berusia 33 tahun ditawar USD1 juta atau sekira Rp8,9 miliar di sebuah lelang. Uang tersebut sedianya diperuntukkan proyek perumahan murah.

Mobil sedan peugeot berwarna putih keluaran tahun 1977 tersebut dilelang dan uangnya diperuntukkan bagi proyek perumahan bagi orang cacat dan anak-anak muda sebagai janji kampanye sang presiden untuk menaungi orang yang tidak mampu.

Surat kabar Iran mengabarkan bahwa mobil tersebut ditawar oleh seseorang dari negara lain yang tidak disebutkan identetasnya yang diterima oleh situs lelang.

Penawar dengan harga tertinggi nantinya akan diundang pada pelelangan yang akan dibuka pada pertengahan Februari di kota Abadan.

Mobil Peugeot 504 tersebut digunakan oleh Ahmadinejad ketika dia masih menjabat sebagai walikota pada tahun 2005. Dia kini jarang menggunakan mobil tersebut selama beberapa tahun ini, dikarenakan masalah keamanan. Mobil tersebut diperkirakan hanya seharga USD2 ribu di pasaran atau sekira Rp17 juta. Demikian lansir Associated Press, Senin (3/01/2011)

Kurangnya perumahan merupakan masalah besar di Iran, dimana seperempat dari 75 juta populasi di Iran tinggal di apartemen yang disewakan dan sekira sepertiga dari penghasilan keluarga dihabiskan untuk membayar sewa.

Statistik pemerintah menunjukkan bahwa sekira 140 ribu rumah sudah dibangun pada pertengahan tahun 2010 dan diperkirakan akan dibangun kembali sekira satu juta rumah pada bulan Maret 2011