Ditemukan, Hartu Karun Terbesar Suku Aztec !

Arkeolog yang bekerja di bawah kabut dan cuaca buruk di Mexico City menemukan sesuatu luar biasa. Ilmuwan yakin telah menemukan kuburan penguasa Aztec yang kemungkinan berisi harta kekayaan luar biasa.

Penemuan itu belum ada yang diungkapkan ke publik. Namun Inggris akan menjadi tempat pertama barang temuan itu akan dipamerkan. Empat belas obyek dari emas berasal dari situs itu, akan ditampilkan di British Museum dalam pameran Moctezuma II, penguasa Aztec terbesar.

Tidak ada kesangsian penemuan itu satu-satunya dalam satu generasi,� kata Colin McEwan, kepala British Museum seksi Amerika.

Penggalian dilakukan di pusat ibu kota Aztec Tenochtitlan. Lokasi itu dekat dengan Catedral Metropolitana de la Asuncion de Maria yang dibangun dari batu Moctezuma Templo Mayor yang dihancurkan Spanyol pada 1521.

Sisa candi itu hilang hampir selama lima abad dan ditemukan secara tidak sengaja pada 1978. Bangunan kolonial di sekitarnya membuat eksplorasi sulit dilakukan, tapi gempa pada 1985 menguak tabir untuk penggalian selanjutnya.[ito]

foto-foto :

Moctezuma II, 1715 by Antonio de Solis (Wikipedia)

Moctezuma II, 1715 by Antonio de Solis (Wikipedia)

proyek Templo Mayor 1978 (http://archaeology.asu.edu/tm/pages2/mtm46.htm)

proyek Templo Mayor 1978 (http://archaeology.asu.edu/tm/pages2/mtm02.htm)

Eduardo Matos Moctezuma, Antropolog (http://archaeology.asu.edu/tm/pages2/mtm46.htm)Eduardo Matos Moctezuma, Antropolog