Persimpangan-persimpangan Ruwet di Dunia

Kalau Anda sedang mengendarai mobil, sangat bisa dimengerti kalau suatu saat akan dilanda kebingungan ketika di jalan Anda menemui hasil karya para insinyur-insinyur jalan raya seperti ini :


Tom Moreland Interchange, persimpangan Interstate 85 dan Interstate 285, Atlanta, Georgia, Amerika

Persimpangan Central Motorway - New Zealand State Highways 1 dan 16, Auckland, New Zealand.




Persimpangan-persimpangan ini biasa disebut "Persimpangan Gagal" atau "Persimpangan Mie", dan ada di hampir setiap kota besar di Barat. Anda dapat menemukan jalan-jalan yg ujungnya tidak jelas, atau jalan-jalan dua arah tanpa petunjuk yg benar, atau jalan-jalan yg namanya sering berubah, lebih sering dari mata-mata komunis waktu perang dingin. Hehe...







Tapi persimpangan di Moscow yg stau ini memang paling "luar biasa". Kalau kita ingin belok dari jalan Rosanov ke jaln Khoroshev yg berdekatan saja sudah susah payah. Ikuti tanda panah pada gambar di bawah.


Dalam satu forum otomotif di Rusia, disebutkan hal ini adalah hal biasa disini. Barangkali lain kali mereka akan menemui persimpangan keriting lagi yg jauh lebih memusingkan dan aneh dalam 4 dimensi.

Seperti yg terjadi di Israel, beberapa persimpangan menjadi sangat menarik : contoh, disini misalnya bagaimana kita akan belok di Nesharim ke Higway 6 :

Ke Barat




Mau ke timur :




Petunjuk arah-arah ini tercantum pada situs resmi jalan raya ini. Tapi, kalaupun Anda adalah seorang sopir yg berpengalaman dan tidak pernah mencari tahu soal petunjuk ini, mungkin Anda sedang tidak beruntung :}



Lihat gambar di bawah ini, mungkin saja beginilah ilustrasi perkembangan jalan raya di masa depan!